Selasa, 13 Juni 2017

REVIEW : DETECTIVE CONAN: CRIMSON LOVE LETTER


Selepas The Darkest Nightmare yang merupakan salah satu seri terbaik dalam rangkaian film layar lebar Detective Conan, antisipasi terhadap jilid ke-21 yang diberi tajuk Crimson Love Letter pun seketika meninggi. Terlebih, dua karakter kesayangan para penggemar; Heiji Hattori dan Kazuha Toyama, yang terakhir kali menampakkan diri dalam Private Eye in the Distant Sea (2013) akan memiliki andil besar dalam penceritaan bukan sebatas numpang lewat untuk memeriahkan suasana. Terdengar menggoda, bukan? Tingginya antisipasi terhadap Crimson Love Letter arahan Kobun Shizuno (yang juga menyutradarai enam jilid terakhir) dapat dibuktikan melalui besarnya raihan pundi-pundi uang yang diperoleh selama masa pemutaran di bioskop-bioskop Jepang. Mengantongi $59 juta dalam 9 pekan, Crimson Love Letter tercatat sebagai seri film dari Detective Conan dengan pendapatan tertinggi melibas pencapaian jilid sebelumnya. Berkaca dari respon memuaskan yang diperolehnya ini, satu pertanyaan lantas terbentuk: apakah hype sedemikian kuat yang melingkungi instalmen ke-21 ini berbanding lurus dengan kualitas penceritaan yang diusungnya?

Dalam Crimson Love Letter, Conan Edogawa (disuarakan oleh Minami Takayama) bersama keluarga Mori dan teman-temannya di klub Detektif Cilik bertolak ke Kyoto untuk menghadiri pertandingan Karuta, kartu berisi puisi-puisi tradisional Jepang, memperebutkan Piala Satsuki yang tengah dihelat di Nichiuri TV. Tatkala gladi bersih sedang berlangsung, pihak stasiun televisi menerima kabar mengenai ancaman bom yang disusul oleh sederetan ledakan-ledakan. Ledakan tersebut memerangkap Heiji Hattori (Ryo Horikawa) dan Kazuha Toyama (Yuko Miyamura) di dalam gedung sekaligus melukai pergelangan tangan salah satu finalis, Mikiko Hiramoto (Riho Yoshioka). Berbekal kemampuan serta peralatan canggih yang dimilikinya, Conan berhasil menyelamatkan kedua sahabatnya tanpa sedikitpun meninggalkan luka. Berakhir? Tentu saja belum. Dari sini, pengisahan bercabang menjadi tiga. Pertama, menyoroti kasus pembunuhan yang menimpa pemenang Piala Satsuki tahun sebelumnya. Kedua, kehadiran seorang perempuan bernama Momiji Ooka (Satsuki Yukino) yang secara tiba-tiba mengaku sebagai tunangan Heiji. Dan ketiga, upaya keras Kazuha yang menggantikan posisi Mikiko untuk memenangkan Piala Satsuki karena keberlangsungan klub Karuta di sekolahnya dan Heiji menjadi taruhannya.


Yang perlu dipersiapkan sebelum menyaksikan Crimson Love Letter adalah membekali diri dengan pengetahuan mengenai Karuta – saran saya, tonton film Jepang berjudul Chihayafuru – karena si pembuat film tidak memberikan penjabaran komprehensif terkait permainan tradisional ini berikut tata cara bermainnya. Keputusan yang jelas beresiko karena penonton yang tidak tahu menahu mengenai Karuta bisa jadi akan dibuat kebingungan serta mengalami kesulitan untuk menaruh atensi lebih terhadap pergerakan kisah apalagi basis persoalan dalam film bersumber dari permainan ini. Tatkala penonton telah ‘tersesat’ sedari awal, mengikuti langkah selanjutnya dari Crimson Love Letter tidak akan berlangsung mudah – bahkan mereka yang paham pun belum tentu bakal lancar-lancar saja. Pemicunya, tuturan yang terlampau berbelit-belit bahkan untuk standar film Detective Conan. Pembagian kisah menjadi beberapa cabang seringkali berasa tumpang tindih dan dimunculkannya setumpuk tersangka tanpa urgensi yang nyata kian menyebabkan segalanya terlalu rumit untuk dicerna. Ya, ada banyak sekali nama yang harus kamu hafalkan, saudara-saudara! Dengan kasus yang sebetulnya juga tidaklah seru-seru amat (well, bisa jadi karena kurang akrab dengan intrik di dalam dunia Karuta), menyaksikan film lebih sering digerakkan oleh percakapan-percakapan tentu memberi pengalaman kurang menyenangkan. 

Anehnya, Crimson Love Letter justru menunjukkan gregetnya saat penceritaan menaruh fokusnya kepada hubungan tanpa status yang naik turun antara Heiji dan Kazuha. Ketimbang menaruh ketertarikan terhadap kasus menjemukan yang diusut oleh Conan beserta Heiji, keingintahuan lebih besar malah berkisar pada identitas Momiji Ooka. Siapakah dia? Mengapa dia benar-benar sangat yakin bahwa dirinya adalah tunangan dari Heiji? Penonton tentu tidak lantas memperoleh jawabannya dengan mudah. Dari pertanyaan-pertanyaan ini, Kobun Shizuno kemudian mengembangkannya menjadi satu dua cabang konflik; Momiji menantang Kazuha bertarung di Piala Satsuki dengan Heiji sebagai taruhannya yang memacu Kazuha untuk berlatih Karuta habis-habisan dibantu oleh ibu Heiji, Shizuka (Masako Katsuki), lalu Ran Mori (Wakana Yamazaki) tanpa sengaja melihat sebuah foto di dompet Momiji yang menjadi bukti otentik atas pernyataan Momiji mengenai statusnya di sisi Heiji. Nah lho! Dengan pekatnya kelakar-kelakar lucu yang menghiasi disana sini, ditambah pula bisa dijumpainya elemen romansa di beberapa titik dan adanya intensitas dibalik persaingan sengit antara Kazuha dengan Momiji, konflik yang melingkungi Kazuha-Heiji ini pun menjadi nyawa bagi Crimson Love Letter. Kalau sudah begitu, tentu sah-sah saja dong jika saya kemudian lebih memilih menyebut Crimson Love Letter sebagai film komedi romantis ketimbang film detektif?

Note : Ada post-credits scene di penghujung film dengan durasi cukup panjang.

Acceptable (3/5)


REVIEW : DETECTIVE CONAN: CRIMSON LOVE LETTER
4/ 5
By
Add your comment